Home » , » Nutrisi Untuk Mencegah Kurang Darah

Nutrisi Untuk Mencegah Kurang Darah

Nutrisi Untuk Mencegah Kurang Darah - Tips mengatasi kurang darah atau makanan untuk tambah darah

makanan penambah darah

Glutera - Anemia merupakan kondisi yang ditandai dengan jumlah sel darah merah yang menurun dalam darah atau bisa juga disebabkan oleh jumlah sel darah merah yang melebihi normal.

Kurang darah atau anemia bisa membuat tubuh terasa lemas dan tidak bertenaga. Kondisi ini sangat menurunkan tingkat produktivitas, bahkan bisa membahayakan nyawa Anda. Untuk mencegahnya, cobalah perbanyak nutrisi penambah darah.

Setiap manusia memiliki sel darah merah dalam jumlah jutaan bahkan miliaran sel dalam tubuhnya. Di dalamnya, terdapat hemoglobin yang akan membuat darah manusia berwarna merah. Fungsi hemoglobin ini menjadi media transport oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh.

Akibat dari anemia adalah transportasi akan terganggu dan jaringan tubuh si penderita anemia akan mengalami kekurangan oksigen guna mengahasilkan energi. Maka tidak mengeherankan jika gejala anemia ditunjukan dengan merasa cepat lelah, pucat, gelisah, dan terkadang sesak.

Berikut beberapa nutrisi untuk mencegah kurang darah pada tubuh anda :

1. Zat besi
Makanan yang banyak mengandung zat besi antara lain daging sapi dan daging lain, kacang-kacangan, lentil, sereal yang diperkaya zat besi, sayuran berdaun hijau dan buah kering.

2. Asam folat
Makanan kaya asam folat seperti buah jeruk, pisang, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan serta roti, sereal dan pasta yang diperkaya asam folat.

3. Vitamin B-12
Sumber vitamin B-12 yang baik adalah daging, produk susu, beberapa sereal dan produk kedelai, seperti susu kedelai.

4. Vitamin C
Makanan kaya vitamin C seperti buah jeruk, melon dan buah berry, yang dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

Ada beberapa jenis anemia, seperti anemia defisiensi zat besi, anemia vitamin B-12 (pernicious anemia), talasemia dan anemia sel sabit. Banyak yang menganggap anemia terjadi karena asupan gizi yang buruk dan dapat diperbaiki atau dicegah dengan diet sehat.

Ada beberapa anemia yang dapat dicegah, meski tidak semua. Untuk anemia kekurangan zat besi dan vitamin dapat dicegah dengan makanan yang mencakup berbagai vitamin dan nutrisi. Serta makanan yang mengandung zat besi dan vitamin (asam folat, vitamin B-12, vitamin C).

Demikian tulisan nutrisi untuk mencegah kurang darah yang bermanfaat bagi anda yang sedang kurang darah. Senantiasa budayakan gaya hidup sehat sebagai bagian dari kegiatan kita sehari-hari. Dan anda juga bisa mengambil dari manfaat glutera untuk kesehatan anda.
Share this article :
 
Copyright © 2013. Glutera Glutathione Precursors - Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Cream Sari Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger