Home » , , » Mencegah Dan Mengobati Radang Tenggorokan

Mencegah Dan Mengobati Radang Tenggorokan

Mencegah Dan Mengobati Radang Tenggorokan - Cara mengobati radang tenggorokan atau cara mencegah sakit radang tenggorokan atau sakit radang tenggorokan


Glutera - Apakah sahabat pernah terkena sakit radang tenggorokan? Bagaimanakah rasanya sakit tersebut? Pernah suatu ketika ada seorang sahabat yang memberikan resep dengan perlunya minum air kelapa ketika terkena radang tenggorokan. Berikut sekilas mencegah dan mengobati radang tenggorokan yang semoga memberikan informasi bagi anda.

Radang tenggorokan atau faringitis adalah gangguan yang ditandai dengan kemerahan pada tenggorokan, yang sering dijumpai bersama eksudat (nanah) berwarna putih, nyeri menelan, tidak bisa makan, sariawan, batuk, dan mual. Yang jelas jika anda terkena sakit yang satu ini lumayan untuk semakin banyak tobat.

Kadang-kadang teraba benjolan dibawah rahang yang menandakan adanya pembesaran kelenjar getah bening (limfe). Gejala di atas sering disertai gejala sistemik berupa demam, sakit kepala, badan pegal-pegal, lemas, dan ngilu pada persendian.

Penyebab utama radang tenggorokan adalah infeksi virus dan infeksi bakteri, di samping penyebab lain seperti alergi dan iritasi. Banyak ragam virus yang dapat menyebabkan radang tenggorokan. Sebagian besar adalah virus influenza, yang juga menyebabkan flu. Virus lainnya adalah virus Epstein Barr. Demikian pula dengan bakteri. Walaupun banyak jenis bakteri yang dapat mencetuskan radang tenggorokan, bakteri streptokokus diketahui paling banyak berperan.

Pengobatan radang tenggorokan akibat virus hanya simptomatik, bukan kausal, karena diharapkan virus yang menjadi penyebab dapat dilenyapkan oleh sistim kekebalan tubuh dalam beberapa hari. Simptomatik artinya pengobatan berdasarkan gejala. Jika demam diberi penurun panas, jika batuk diberi obat batuk, dll.

Gejala radang tenggorokan akibat virus biasanya akan berangsur membaik dalam 10 hari. Tetapi jika penyebabnya virus Epstein Barr, gejala dapat berlangsung hingga 4 minggu atau lebih. Dan ini tentu saja kan menyiksa anda dan mengganggu dalam melakukan aktifitas.

Sedangkan radang tenggorokan akibat infeksi bakteri, selain obat-obat simptomatik juga diberikan antibiotik. Gunanya untuk memusnahkan bakteri yang menjadi biang radang. Setelah pemberian antibiotik, radang tenggorokan biasanya akan membaik. Walaupun demikian, antibiotik tetap harus diminum sesuai anjuran dokter untuk mengurangi kemungkinan kambuh atau timbulnya kekebalan bakteri.

Sebagai anti demam sekaligus pereda nyeri digunakan parasetamol atau ibuprofen. Selain itu, penderita dianjurkan banyak minum air agar tenggorokan tidak kering dan tidak dehidrasi. Penderita juga disarankan untuk istirahat dan menghindari aktivitas fisik berlebihan.

Cara terbaik untuk mencegah terkena dan tertularnya radang tenggorokan adalah mencuci tangan secara teratur, menghindari menyentuh mata atau mulut, dan menutup mulut dengan tissue atau kain saat bersin atau batuk. Artinya gaya hidup sehat harus selalu kita upayakan untuk menjadikan tubuh kita selalu sehat.

Disamping itu anda bisa mencoba manfaat glutera yang sudah terbukti dengan testimonynya yang banyak di utarakan oleh mereka yang menggunakan. Sehingga setelah membaca artikel "mencegah dan mengobati radang tenggorokan" ini bisa bermanfaat buat anda dan orang-orang disekitar anda.
Share this article :
 
Copyright © 2013. Glutera Glutathione Precursors - Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Cream Sari Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger