Home » » Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan / Cara membuat minuman jahe lebih sehat / Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh
Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Glutera - Jahe merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk minuman maupun untuk berbagai masakan yang lezat. Jahe termasuk tumbuhan yang mudah untuk tumbuh dengan daerah yang lembab maupun kering. Terbukti banyak tempat di Indonesia ini tumbuhan jahe hidup dan berkembang dengan bebasnya. Sehingga ketika tanaman ini dibutuhkan untuk sayuran atau masakan dan minuman bisa langsung ambil dari tanamannya langsung.

Dalam bahasa latin, jahe disebut dengan naman Zingiber officinale. Tanaman rimpang ini sangat terkenal diolah sebagai rempah-rempah dan obat-obatan meskipun sebenarnya bisa juga untuk masakan. Bentuknya menyerupai jari dan aroma rasanya pedas wangi yang khas.

Rasa yang dominan pedas di dalam jahe ternyata penyebabnya adalah adanya senyawa bernama zingeron. Dapat memberikan rasa hangat di tenggorokan, perut dan bahkan sampai keseluruh tubuh setiap kali habis mengonsumsinya yang biasanya dibuat sebagai minuman jahe.

Tanaman Jahe diperkirakan berasal dari Negara India, kemudian dibawa ke seluruh dunia sebagai rempah-rempah yang diperdagangkan. Tidak lama kemudian, jahe menjadi komoditas yang terkenal karena banyak manfaatnya dan beraneka ragam bagi kesehatan tubuh manusia.

Adapun manfaat jahe untuk kesehatan tubuh kita antara lain sebagai berikut ini :

- Dapat meningkatkan nafsu makan. Meskipun mempunyai rasa yang pedas, jahe ini dapat meningkatkan nafsu makan bagi yang biasa mengkonsumsinya. Dengan jahe pencernaan bisa lebih sehat karena jahe dapat berfungsi sebagai pengeluaran racun dari dalam perut. Dan ketika perut dalam kondisi yang sehat makan nafsu makan bisa bertambah banyak.

- Dapat sebagai obat flu yang sangat manjur. Tidak heran ketika musim hujan tiba, jahe kemudian menjadi minuman favorit yang menghangatkan. Bukan hanya itu saja, dengan mempunyai tubuh yang selalu terjaga kondisi hangatnya maka penyakit flu yang mungkin menyerang juga akan cepat sembuh, badan terasa hangat dan bisa membuat istirahat tambah pulas.

- Dapat juga untuk menyembuhkan masuk angin. Fakta ini membuktikan bahwa jahe dibuat sebagai obat anti masuk angin. Karena memang dapat mengatasi masalah kesehatan tubuh yang berkaitan dengan angin yang masuk dalam tubuh. Masuk angin, tolak dengan jahe hangat.

Dan beberapa manfaat jahe bagi kesehatan yang lain yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya dengan rutin. Lebih sehat jika menggunakannya sendiri, bahkan kita jadikan sebagai tanaman obat keluarga. Cobalah untuk menanam jahe di pekarangan rumah atau dalam pot saja, dengan perawatan yang rutin akan didapatkan tanaman jahe yang siap untuk digunakan sebagai obat kesehatan keluarga. Source : http://www.glutera-indonesia.com/2014/12/manfaat-jahe-bagi-kesehatan.html
Share this article :
 
Copyright © 2013. Glutera Glutathione Precursors - Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Cream Sari Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger