Home » » Pentingnya Serat Dalam Makanan Untuk Tubuh

Pentingnya Serat Dalam Makanan Untuk Tubuh

Pentingnya Serat Dalam Makanan Untuk Tubuh - Tips kesehatan

Pentingnya Serat Dalam Makanan Untuk Tubuh

Glutera - Dalam usaha anda untuk mengurangi berat badan atau diet satu hal yang perlu anda perhatikan adalah mengkonsumsi makanan dengan lebih banyak mengandung serat. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa serat ternyata dapat membantu mengurangi berat badan yaitu membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Berikut ini adalah beberapa hal tentang pentingnya serat untuk tubuh yang mungkin tidak banyak kita ketahui :

1. Kurang serat dalam tubuh kita. Dalam menjaga sistem pencernaan yang sehat dalam tubuh kita, maka para ahli gizi memberikan saran untuk mengkonsumsi sebanyak 25 gr serat makanan setiap hari untuk orang dewasa. Ternyata dalam kesehariannya kebanyakan kita tidak memenuhi kebutuhan serat untuk tubuh dan hanya mengkonsumsi sebanyak 15 gr saja.

2. Serat akan bekerja secara baik bersamaan dengan air. Dalam sistem pencernaan tubuh kita, air sangat penting untuk membantu kelancaran proses makanan. Begitu juga dengan adanya serat yang masuk dalam tubuh kita akan bekerja dengan baik ketika air yang diperlukan telah cukup. Sehingga kita sendiri sebenarnya sudah punya sinyal bagaimana tubuh itu perlu air atau sudah cukup dalam kesehariannya.

3. Jenis serat makanan. Terdiri dari 2 jenis, yaitu serat larut dan tidak larut. Untuk mendapatkan hasil yang baik maka keduanya perlu untuk dikonsumsi. Diantara yang termasuk serat larut air seperti didapat dari batang tanaman hijau. Selain itu serat larut banyak ditemukan di kacang almond, oat, brokoli, wortel, dan buah-buahan seperti berry, pisang, apel, dan pir.Sementara itu, serat tidak larut air didapatkan dari beberapa jenis makanan seperti gandum utuh, biji-bijian, daun-daunan hijau, buah seperti alpukat, kiwi, dan tomat.

4. Buah segar yang kita makan berbeda dengan jus. Meski sudah mengandung lebih banyak air, jus tidak serat merta mengandung banyak serat. Justru serat lebih banyak ada pada buah-buahan yang segar dibanding dengan kandungan dalam jus. Disamping itu anda perlu untuk membuat daftar buah-buahan yang bisa dimakan bersamaan dengan kulitnya, karena buah yang seperti ini dipercaya mengandung lebih banyak serat.

5. Usahakan untuk kandungan serat dalam setiap menu makanan. Sebagai contoh, menambah salad bayam dengan sayur-sayuran segar lainnya akan memberikan Anda lebih banyak serat dalam satu sajian. Ini berfungsi untuk memberikan kecukupan serat dalam tubuh agar tidak kekurangan. Sehingga proses makanan yang masuk ke tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Penting serat dalam makanan untuk tubuh merupakan satu hal yang harus kita usahakan untuk mendapatkan kesehatan tubuh kita. Kita bisa mengatur pola makan harian yang bisa kita jadwalkan adanya serat untuk tubuh kita. Semoga dengan cara tersebut bisa membantu proses kesehatan tubuh kita.

Persembahan GLUTERA Makanan KESEHATAN


HP 0819-1000-0067 
PIN BB 29F409E5
Share this article :
 
Copyright © 2013. Glutera Glutathione Precursors - Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Cream Sari Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger