Home » , , » Berbagai Jenis Kulit Manusia

Berbagai Jenis Kulit Manusia

Berbagai Jenis Kulit manusia - Macam-macam jenis kulit atau cara perawatan kulit yang baik


Glutera - Dalam upaya merawat kulit secara benar, terlebih dahulu kita harus mengenal berbagai jenis kulit manusia tentu saja termasuk yang kita miliki. Agar dalam perawatan nanti, dapat kita tentukan cara yang tepat dan benar sesuai dengan jenis kulit tersebut. Seperti halnya tips mencegah kulit kering dan kusam sudah barang tentu dengan perawatan yang benar, maka hal itu akan dapat kita atasi.

Berbagai jenis kulit manusia tersebut pada umumnya di kelompokkan menjadi 5 jenis, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kulit Normal
Diantara ciri-ciri kulit normal adalah kulit lembut, lembab berembun, segar dan bercahaya, halus dan mulus, tanpa jerawat, elastis, serta tidak terlihat minyak yang berlebihan juga tidak terlihat kering. Meskipun jika dilihat sepintas tidak bermasalah, kulit normal tetap harus dijaga dan dirawat dengan baik, karena jika tidak dirawat, kekenyalan dan kelembaban kulit normal akan terganggu, terjadi penumpukan kulit mati dan kotoran dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

2. Kulit Berminyak
Ciri-ciri dari kulit berminyak yaitu : minyak di daerah T tampak berlebihan, tekstur kulit tebal dengan pori-pori besar hingga mudah menyerap kotoran, mudah berjerawat, tampilan wajah berkilat, riasan wajah seringkali tidak dapat melekat dengan baik dan cepat luntur serta tidak mudah timbul kerutan.

3.Kulit Kering

Adapun ciri-ciri dari kulit kering adalah kulit terasa kaku seperti tertarik setelah mencuci muka dan akan mereda setelah dilapisi dengan krim pelembab. Kondisi kulit dapat menjadi lebih buruk apabila terkena angin, perubahan cuaca dari dingin ke panas atau sebaliknya. Garis atau kerutan sekitar pipi, mata dan sekitar bibir dapat muncul dengan mudah pada wajah yang berkulit kering.

Kulit kering inilah yang kadang membuat repot pemiliknya. Karena dengan kulit yang kering maka kulit akan terlihat keriput, tidak segar/tidak lembab dan cenderung seperti kotor. Maka dari itu untuk perawatan digunakan pelembab agar kulit senantiasa segar.

4. Kulit Sensitif
Kulit sensitif memiliki ciri-ciri sebagai berikut : mudah alergi, cepat bereaksi terhadap allergen, mudah iritasi dan terluka, tekstur kulit tipis, pembuluh darah kapiler dan ujung saraf berada sangat dekat dengan permukaan kulit sehingga kulit mudah terlihat kemerahan.

Demikian juga untuk kulit sensitif mempunyai sedikit extra untuk merawatnya juga. Karena dengan kulit sensitif biasanya lebih tipis dari jenis kulit lain sehingga sangat peka terhadap hal-hal yang bisa menimbulkan alergi (allergen). Pembuluh darah kapiler dan ujung saraf pada kulit sensitif terletak sangat dekat dengan permukaan kulit. Jika terkena allergen, reaksinya pun sangat cepat dan beraneka ragam seperti gatal, bercak merah, hingga luka yang jika tidak dirawat akan menimbulkan masalah serius. Maka berhati-hatilah dengan jenis kulit yang sensitif.

5. Kulit kombinasi/campuran
Kulit kombinasi atau kulit campuran memiliki ciri-ciri sebagai berikut : kulit di daerah T berminyak sedangkan di daerah lain tergolong normal atau justru kering atau juga sebaliknya. Di samping itu tekstur kulit sesuai jenisnya yakni di area kulit berminyak akan terjadi penebalan dan di area normal atau kering akan lebih tipis.

Kulit kombinasi bisa jadi merupakan faktor genetis yang ada seperti halnya banyak ditemukan di Asia. Banyak wanita Asia khususnya dibagian tropis memiliki kombinasi kulit seperti kering berminyak atau normal berminyak. Pada kondisi tertentu di temukan sensitif berminyak dan kombinasi yang lain.

Dengan "berbagai jenis kulit manusia" yang kita ketahui, maka akan dapat kita tentukan cara perawatan yang benar sehingga didapat hasil yang memuaskan serta terjaga kesehatan dan kecantikan kulit tubuh dengan gaya hidup sehat yang anda lakukan setiap hari. Semoga bermanfaat.
Share this article :
 
Copyright © 2013. Glutera Glutathione Precursors - Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Cream Sari Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger