Home » , » Manfaat Coklat Untuk Kesehatan

Manfaat Coklat Untuk Kesehatan

Manfaat Coklat Untuk Kesehatan - Khasiat serta kegunaan coklat bagi tubuh/tips kesehatan dengan coklat

Glutera - Coklat merupakan makanan yang diolah dari biji kakao. Kata cokelat berasal dari xocoatl (bahasa nasional suku Aztec) yang kemudian kata tersebut berkembang menjadi kata chocolat yang berarti minuman pahit. Coklat, karena rasanya yang manis ini banyak orang menyukainya. Selain manis coklat juga baik untukkesehatan.

Berikut ini adalah manfaat coklat untuk kesehatan, diantaranya :

1. Menimbulkan Rasa Nyaman
Cokelat mengandung alkaloid-alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh. Kandungan-kandungan ini banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak. Serotonin atau 5-hydroxytryptamine adalah hormon yang berfungsi mengirimkan sinyal antar sel saraf. Perubahan kadar serotonin di otak dapat mengubah mood seseorang. Hal inilah yang mendasari mengapa mengkonsumsi coklat pun dapat menimbulkan rasa nyaman.

2. Meningkatkan Aktivitas Otak dan Debaran Jantung
Efek psikologis yang terjadi saat menikmati cokelat dikarenakan titik leleh lemak kokoa ini terletak sedikit di bawah suhu normal tubuh manusia. Lelehnya cokelat di dalam mulut meningkatkan aktivitas otak dan debaran jantung.

3. Mengandung Antioksidan
Fenol, sebagai antioksidan yang dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh. Zat ini juga mampu mengurangi kolesterol pada darah sehingga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung juga berguna untuk mencegah timbulnya kanker dalam tubuh, mencegah terjadinya stroke dan darah tinggi. Selain itu kandungan lemak pada coklat kualitas tinggi terbukti bebas kolesterol dan tidak menyumbat pembuluh darah.

4. Menurunkan Tekanan darah dan Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Menurut ilmuwan cokelat yang dimakan dalam jumlah normal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan menghilangkan capek.

5. Mengandung Banyak Vitamin
Coklat juga mengandung beberapa vitamin yang berguna bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Selain itu, coklat juga mengandung zat maupun nutrisi yang penting untuk tubuh seperti zat besi, kalium dan kalsium.

6. Mengurangi efek negative PMS Pada Wanita
Kakao sendiri merupakan sumber magnesium alami tertinggi. Dengan makan coklat akan menambah magnesium dalam asupan gizi harian yang menyebabkan meningkatnya kadar progesteron pada wanita. Hal ini mengurangi efek negatif dari PMS.

7. Mencegah Penuaan Dini
Manfaat lain dari coklat adalah untuk kecantikan, karena antioksidan dan katekin yang ada di dalamnya dapat mencegah penuaan dini, maka tidak heran bila saat ini berkembang lulur coklat yang sangat baik untuk kecantikan kulit.

Dari banyaknya manfaat coklat untuk kesehatan tidak ada salahnya untuk mengkonsi coklat dalam aktivitas anda sehari-hari. Tapi perlu diingat untuk tidak berlebihan. Apapun yang berlebihan pasti tidak baik. Lihat juga bagaimana glutathione menghilangkan racun dalam hati sebagai manfaat glutera yang bsa kita dapatkan. Dan ingat selalu untuk bergaya hidup sehat baik dirumah kantor ataupun di mana saja kita berada.
Share this article :
 
Copyright © 2013. Glutera Glutathione Precursors - Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Cream Sari Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger